Arif Nafi’uddin: Ketua Umum HMJ-SPI 2022, Sang Pecinta Sejarah

0



Moch. Arif Nafi’uddin merupakan nama lengkap dari sosok pemuda kelahiran Kediri, 23 Maret 2001. Ia kerap dipanggil Arif atau Nafi’. Arif  merupakan mahasiswa semester 6 prodi Sejarah Peradaban Islam di UIN Sunan Ampel Surabaya. Pemuda yang mengidolakan Walisongo ini menceritakan awal mula ketertarikannya terhadap salah satu UKK (Unit Kegiatan Khusus) Sejarah Peradaban Islam. Bermula dari kesukaan membaca mengenai kisah sejarah serta pernah menjuarai Olimpiade Sejarah SPI UINSA tahun 2018, mendorong minatnya untuk terus belajar mengenai sejarah dan mengetahui seluk beluk SPI (Sejarah Peradaban Islam). Menurut pengakuannya, HMJ-SPI (Himpunan Mahasiswa Jurusan Sejarah Peradab Islam) ini merupakan UKK yang sesuai dengan minat, bakat, dan kepribadiannya.

Arif yang bercita-cita sebagai pengajar ini mengaku telah menjadi bagian dari pengurus HMJ-SPI sebagai Divisi Intelektual sejak semester 2. Berbagai program kerja yang ada telah ia ikuti. Namun, adanya program kerja kegiatan Abhiseka dan Historical Expedition menjadi kegiatan yang paling berkesan baginya.

Dalam pengakuan Arif, untuk menjadi Ketua Umum HMJ-SPI, ia berbekal dari pengalaman kepengurusan dan keaktifan dari dalam maupun luar organisasi. Selain itu, adanya kepercayaan dari para senior dan banyaknya dukungan dari teman-teman SPI membuat dirinya maju sebagai Ketua Umum HMJ-SPI 2022.

HMJ-SPI merupakan wadah kreasi bagi mahasiswa jurusan SPI untuk mencapai dan mewujudkan tujuan. Menurut keterangan Arif, komponen dalam logo SPI memiliki makna tersendiri. Warna bulat biru melambangkan ilmu pengetahuan yang luas, ini bermakna bahwa mahasiswa dituntut untuk menerima dan mempelajari terlebih dahulu suatu hal tanpa tergesa-gesa. Tiga anak panah melambangkan dimensi sejarah yang berkaitan dengan kehidupan, dimana dalam hidup ada sebuah perputaran, dalam perputaran tersebut pasti menemukan sebuah kesalahan, dan dari sebuah kesalahan haruslah dapat diambil ibrahnya. Warna kuning melambangkan ilmu kemanusiaan dan kedewasaan dalam FAHUM (Fakultas Adab dan Humaniora). Di bagian bawah disertai penggalan surah Al-Hasyr ayat 18  dengan fungsinya sebagai keilmuan sejarah yang mengandung makna perintah untuk membenahi kehidupan yang telah lalu untuk kehidupan yang akan datang. Sebagaimana tujuan dari mempelajari sejarah.

Terdapat banyak program kerja yang diusung oleh pemuda berbakat dalam fotografi dan leadership ini, diantaranya program mingguan, program bulanan, serta program tahunan. Dimana dalam program mingguan salah satunya terdapat rapat mingguan yang diadakan setiap hari selasa secara hybrid. Kepengurusan HMJ-SPI ini dibagi menjadi beberapa divisi guna mempermudah koordinasi. Divisi-divisi tersebut diantaranya adalah Divisi Intelektual dengan rencana kerja kedepannya mengadakan olimpiade sejarah, Divisi Humas dengan rencana kerja studi banding bersama mahasiswa sejarah UNAIR,  Divisi Penelitian dengan rencana kerja terjun kelapangan mengunjungi Candi Jawi, dan Divisi Penerbitan berperan dalam penerbitan dan sosial media.

Dalam kacamata penyuka bidang ilmu Tasawuf, Filsafat, Sejarah, dan Politik itu, eksistensi dari HMJ-SPI telah membawa perubahan positif terhadap lingkungan prodi SPI itu sendiri. Hal itu terbukti dengan berjalannya program kerja Historical Expedition. Harapan Arif selaku Ketua Umum HMJ-SPI kepada seluruh teman-teman organisasinya adalah untuk saling bekerja sama. “Saya berharap teman-teman dapat saling support, terbuka, dan jangan pernah enggan bertanya kepada kating (kakak tingkat).” Tutur Arif.

 

Oleh Virgin Diana

Editor: Riska Aprilia

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman anda! Learn More
Accept !