Maraknya Aktivitas Magis di Indonesia

0
(Sumber gambar: Pinterest)

     Masih banyak masyarakat Indonesia yang percaya dengan suatu hal yang berunsur magis, banyaknya orang yang memilih jalan instant untuk menyelesaikan masalah mereka membuat hal ini menjadi biasa. Selain untuk kepetingan pribadi ilmu sihir dapat juga digunakan sebagai bahan hiburan contohnya sulap. Namun ada perbedaan antara sihir dengan sulap. Sihir adalah suatu kekuatan yang diluar pikiran manusia, pengguna sihir biasa disebut dengan dukun. Sedangkan pandangan menurut islam, sihir adalah sebuah kegiatan yang mendekatkan diri dengan syaitan karena kegiatan tersebut dapat bantuan dari syaitan. Sedangkan sulap menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI), arti kata sulap adalah pertunjukan berbuat sesuatu yang menakjubkan, sulap biasanya memiliki trik tersendiri untuk menghibur penontonnya.     

     Keberadaan Sihir ini bermula dari kaum bani Israel pada masa Nabi Sulaiman AS. Seiring waktu banyak orang yang mempraktikkan ilmu sihir sebagai metode membunuh tanpa menyentuh. Selain itu sihir dapat membantu orang dalam berbagai hal seperti kesehatan dan terkadang orang pergi ke dukun untuk mencari jalan pintas untuk menyelesaikan masalah mereka. Sedangkan asal usul sulap tidak ada yang tau pasti kapan, dimana, dan tahun berapa teknik sulap muncul. Namun ada beberapa tokoh yang terkenal dalam dunia sulap, mereka menyajikan trik kuno yang terkenal pada zamannya. Sekitar pada tahun 2700 sebelum masehi pesulap terkenal bernama Deddy, dia menampilkan trik sulapnya di depan raja Cheops dengan memotong kepala hewan hidup dan mengembalikannya lagi tanpa ada luka pada hewan tersebut. Pada abad ke 18, Isaac Fawkes seorang yang memperkenalkan trik sulap di inggris, trik yang paling popular adalah trik menumbuhkan pohon apel hingga berbuah hanya dalam satu menit.

     Masih banyak orang percaya bahwa sulap adalah sihir. Sulap termasuk dalam sebuah seni, karena sulap menggunakan teknik kecepatan tangan dan beberapa trik menipu agar penonton merasa takjub, pesulap biasanya memerlukan bantuan sebuah benda atau seseorang untuk menyempurnakan trik yang akan di tampilkan. Trik yang digunakan seseorang biasanya bisa dijelaskan atau ada beberapa pesulap yang menciptakan trik baru namun mereka memilih merahasiakannya dengan tujuan tidak ada yang dapat meniru trik tersebut. Sedangkan ilmu sihir biasanya dapat bantuan dari jin. Dukun biasanya tak memerlukan bantuan seseorang untuk membantunya karena mereka sudah terbantu oleh makhluk ghaib.

     Beberapa bentuk dari trik sulap contohnya adalah sebuah topi kemudian pesulap mengambil sesuatu dari topi tersebut, awalnya topi tersebut kosong namun sesaat pesulap mengeluarkan seekor kelinci atau benda lainnya. Ada sebuah trik sulap Classic yang dipercaya trik sulap paling kuno dari trik lainnya, trik cups and balls adalah sebuah bola dalam gelas, trik ini memerlukan kecepatan tangan untuk memindahkan bola dari gelas satu ke gelas yang lainnya. Sekitar tahun 2200 SM Antropologis tentang Mesir mencatat bahwa pada dinding di sebuah kuburan tua Mesir, ada sebuah lukisan menggambarkan dua orang yang sedang bermain dengan empat buah cangkir. Ada banyak jenis ilmu sihir di dunia salah satunya adalah santet yang sudah umum di kalangan masyarakat, adapun pelet yang di percayai untuk memikat lawan jenis. Namun ada ilmu sihir yang dapat membantu menyembuhkan sebuah penyakit, banyaknya orang memilih jalan ini selain alasan biaya yang lebih terjangkau terkadang orang mempercayai omongan baik teman atau tetangganya. 

     Media sosial sudah menjadi gaya hidup tersendiri bagi masyarakat, dengan hal-hal viral belakangan ini menimbulkan opini pro dan kontra. Banyak masyarakat yang pro terhadap berita popular yang viral di media sosial. Kebanyakan dari mereka lebih memilih pengobatan non medis karena cara pengobatannya menggunakan media yang mudah di jumpai dan proses pengobatannya juga singkat. Namun tak banyak orang membantah tentang hal ini, karena menurut mereka teknologi semakin canggih dan hal yang di luar nalar harus di ubah agar pola pikir masyarakat semakin berkembang mengikuti alur zaman. 

     Dalam agama Islam kita sebagai muslim sangat dilarang mempercayai ilmu sihir, karena dukun menerima bantuan dari jin atau syaitan, hal ini termasuk menduakan Allah SWT dan Allah sangat membenci orang musyrik. Awalnya hanya ingin sembuh dari sebuah penyakit namun seiring waktu ada sebuah keyakinan bahwa sihir dapat menolong dalam segala hal ini adalah salah satu ciri musyrik. 

     Mempercayai sesuatu hal tentu sah-sah saja namun jika kepercayaan tersebut merujuk ke suatu yang dilarang oleh agama tentu kita sebagai orang beriman harus menjauhinya. Dan teknologi semakin canggih apapun yang diinginkan oleh manusia akan selalu tersedia, dengan memanfaatkan kecerdasan buatan dapat mengurangi kepercayaan terhadap hal-hal magis. 

     Dalam lingkungan sekitar masih banyak masyarakat mempercayai tentang sihir terutama masyarakat Indonesia. Masih banyak orang beranggapan bahwa sulap adalah sihir namun faktanya kedua berbeda. Sulap adalah trik kecepatan tangan yang dapat menipu penglihatan para penontonnya. Sedangkan sihir dan orang yang menggunakan sihir disebut juga dukun, seorang dukun memerlukan makhluk ghaib untuk membantu pasiennya, dan yang menyajikan trik sulap disebut juga dengan pesulap, biasanya pesulap memerlukan bantuan seseorang untuk menyempurnakan triknya. 



Penulis: Nurul Hidayati.

Editor: Gitta Alivia Nuryanti. 


Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman anda! Learn More
Accept !