Maraknya Latto-latto dari Bocil hingga ke Idol Kpop dan Aktor Thailand

0
(Sumber gambar: twitter.com/bittoctpus)

Saat ini yang menjadi tren di Indonesia adalah mainan latto-latto. Latto-latto sebenarnya bukanlah mainan baru, melainkan mainan lama yang lebih dulu dimainkan oleh para orang tua kita di waktu kecil. Mainan latto-latto saat ini banyak diminati oleh banyak orang di Indonesia khususnya anak-anak berusia 3 tahun hingga 15 tahun. 

Latto-latto sendiri awalnya berasal dari Amerika Serikat dan Eropa. Masa kejayaan latto-latto di Amerika dan Eropa adalah pada tahun 1970, orang Amerika menyebut mainan tersebut dengan nama clackers ball sedangkan di Eropa menyebut mainan ini dengan nama knockers. 

Nama latto-latto sendiri berasal dari Sulawesi Selatan, tepatnya dari suku Bugis. Latto-latto ini juga termasuk mainan tradisional Indonesia. Latto-latto dulunya populer di tahun 90-an hingga awal tahun 2000, dan pada akhir tahun 2022 hingga sekarang latto-latto kembali menjadi tren di kalangan anak-anak maupun orang dewasa. 

Latto-latto saat ini sudah menyebar luas di seluruh tanah air kita karena harganya yang murah dan mudah didapat, latto-latto dapat dimiliki oleh semua orang. Bahkan latto-latto kali ini tidak hanya menyebar di Indonesia saja, melainkan sampai menyebar ke negara tetangga. Di era modern saat ini, para anak muda dapat menyebarkan demam latto-latto ini lewat sosial media seperti Instagram, TikTok, Twitter, dan lain sebagainya. Akibatnya, latto-latto menjadi permainan yang digandrungi semua orang.

Latto-latto tidak hanya menyebar di kalangan orang biasa saja, tetapi juga menyebar di kalangan idol Kpop dan aktor Thailand. Aktor Thailand yang bernama Bright Vachirawit itu mengunjungi Indonesia untuk mengadakan fanmeeting di Jakarta yang bertajuk “Dream Bright” pada tanggal 28 januari 2023. 

Pada saat acara fanmeeting itu dimulai ratusan penggemar Bright Vachirawit mulai memeriahkan penampilan Bright di atas panggung. Bright juga diajak bermain latto-latto oleh Edric Chandra sebagai pembawa acara. Saat latto-latto pertama kali dipegang oleh Bright, ia sangat bingung bagaimana cara memainkan latto-latto ini, namun Edric Chandra membantu Bright untuk memainkan benda bulat tersebut. 

“Ini sulit sekali” katanya dalam bahasa Inggris. Ketika bola latto-latto tersebut saling beradu, para penggemar Bright berteriak untuk menyemangati Bright Vachirawit. Bright pun tidak malu untuk bertanya “Apakah aku boleh membawa pulang mainan ini ke Thailand?” Tanyanya yang masih tertantang dan ingin menguasai permainan latto-latto tersebut.  

Selain Bright Vachirawit, aktor Thailand yang bernama Off Jumpol juga bermain latto-latto saat melakukan fanmeeting di Thailand, Off Jumpol mendapatkan latto-latto dari seorang fans. Tidak hanya aktor Thailand. Idol Kpop dari boy group EXO yaitu Park Chanyeol dan Oh sehun juga bermain latto-latto. Dua member EXO tersebut mengadakan acara fancon (fanmeeting Concert) yang bertajuk "Back To Back Fancon In Jakarta". 

Pada saat fancon dimulai, Sehun dan Chanyeol mulai menampilkan beberapa lagu, kemudian saat acara game pembawa acara fancon membawakan beberapa makanan dan mainan Indonesia seperti klepon dan latto-latto. Pembawa acara menyuruh Sehun dan Chanyeol untuk bermain latto-latto, Sehun pun kesusahan dalam bermain latto-latto sedangkan Chanyeol sangat berusaha keras agar bisa memainkan latto-latto tersebut. 

Tingkah kocak Chanyeol saat sibuk bermain latto-latto menjadi banyak sorotan para fans exo-L, Chanyeol terlihat sangat asyik dengan latto-lattonya, dan terus memainkannya bahkan ketika Sehun sedang menjelaskan bagaimana rasa klepon. Hingga membuat exo-L berkomentar “Curiga latto-lattonya dibawa pulang ke gedung SM” Tutur salah satu penggemar. 

Dapat dilihat bahwa ketenaran latto-latto ini tidak hanya menyebar di negara Indonesia saja, akan tetapi telah sampai ke negara tetangga. Kira-kira artis papan atas siapa lagi ya yang bakal terinfeksi demam latto-latto ini? 


Penulis: Firda Fajarina

Editor: Intan Handita K


Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman anda! Learn More
Accept !