Menciptakan Kondisi Membaca yang Efektif

0


Sumber gambar: lovelybookspines.tumblr.com


Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, membaca bukanlah rutinitas sehari-hari. Kurangnya pemahaman akan hakikat membaca membuat orang enggan untuk melakukannya. Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001%. Artinya, dari 1.000 penduduk Indonesia, hanya satu orang yang menjadikan membaca sebagai rutinitas sehari-hari.

Sementara itu, kita menyadari bahwa membaca dapat menunjukkan kepada kita sesuatu yang baru atau memberi kita penjelasan tentang apa yang sudah kita ketahui secara garis besarnya. Setiap hari, kita membutuhkan pengetahuan untuk melakukan sesuatu. Oleh karena itu, membaca merupakan kegiatan yang penting karena membaca merupakan fungsi fundamental dalam masyarakat saat ini, membaca dapat menjadi jembatan untuk pengembangan diri sekaligus dapat mengurangi stres.

Membaca merupakan kegiatan yang memerlukan konsentrasi tinggi. Kita harus memahami kalimat demi kalimat, paragraf demi paragraf, halaman demi halaman, bahkan memahami relasi antara apa yang kita baca dengan kehidupan di sekitar kita. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita akan membaca:

1. Menciptakan Suasana Membaca yang Nyaman

Dalam praktiknya, membaca membutuhkan ketenangan, suasana hati yang baik, dan lingkungan yang mendukung. Ketika kita tidak menemukan semua itu, jangan menunggu, tapi ciptakan suasana itu sendiri. Kamu bisa mencari tempat yang tenang jauh dari gangguan, mengatur pencahayaan di dalam ruangan, membuat secangkir kopi atau minuman hangat dan makanan ringan yang dapat membuat kamu menjadi lebih rileks.

2. Memahami Apa yang Kamu Baca

Setelah membaca beberapa halaman atau bab, kamu bisa berhenti dan mengulas kembali apa yang telah kamu baca sebelum melanjutkan ke unit berikutnya. Kamu juga bisa membuat catatan yang berisi hal-hal penting, atau menandainya langsung di buku menggunakan stabilo, atau alternatif lain untuk memahami sebuah buku adalah dengan membacanya beberapa kali.

3. Waktu yang Tepat untuk Membaca

Suasana membaca akan muncul secara tiba-tiba, jadi letakkan buku-buku tersebut di berbagai ruangan yang sering diakses. Hal ini akan memudahkan kamu ketika ingin membaca, dan menekan keinginan kamu untuk membatalkan membaca karena tidak ada buku yang tersedia.

Jika kamu belum membaca, sebaiknya jangan menunggu lebih lama lagi. Waktu terbaik untuk mulai membaca adalah hari ini!


"Semakin banyak yang kamu baca, semakin banyak hal yang akan kamu ketahui. Semakin banyak yang kamu pelajari, semakin banyak tempat yang akan kamu kunjungi." (Dr. Swiss)

 


Penulis: Amanda Ipni Firdanisa

Editor: Nuzurul Rochmah

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman anda! Learn More
Accept !