1000 Balon: Film Indonesia Buatan Anak, untuk Anak

0

(Sumber gambar: Behance.net/pancaputera)

Identitas Film

Judul                  : 1000 Balon

Tahun                  : 2013

Sutradara            : Ardy Octaviand

Penulis Naskah : Rattul Fitriyah

Pemeran     : Shafa Azahra Siregar, Aisyah Aqilah, Ihsan Wibisana Nasution, Veadora, Udin Nganga


1000 Balon merupakan salah satu film Indonesia yang sangat menarik karena dibuat oleh anak-anak dan ditujukan untuk anak-anak. Film 1000 Balon yang dirilis pada 25 Desember 2013 tersebut telah mendapatkan penghargaan pengakuan Museum Rekor Indonesia (MURI) sehingga kualitas ceritanya tidak diragukan lagi.


Sinopsis Film 1000 Balon

Film ini bercerita tentang lima sahabat yang memiliki karakteristik berbeda. Lima sahabat itu bernama Melodi, Ditha, Alvin, Junot, dan Resti. Resti inilah yang paling memiliki jiwa petualang sehingga dapat memecahkan masalah dengan kode-kode rahasia yang ada. Namun, ia kerap bersedih hati mengingat kesibukan orang tuanya dengan urusan masing-masing dan selalu membahas tentang perceraian.

Cerita bermula ketika kelima sahabat tersebut berlibur ke Sentul bersama keluarga Junot dan menginap di Villa milik keluarganya. Saat makan malam, Resti yang melihat kedekatan antara Junot dan ayahnya seketika merasa sedih mengingat kondisi keluarganya saat ini. Ia pun mencoba menelpon ayahnya, tetapi ditengah percakapan ayahnya tiba-tiba memutuskan telepon. Resti kecewa dan memilih kabur ke hutan tanpa ada yang mengetahui satupun.

Pagi harinya, sahabat-sahabat Resti sadar kalau ia menghilang. Mereka berempat memutuskan mencari Resti ke hutan. Pencarian ini menjadi sebuah petualangan. Resti yang menemukan kode-kode rahasia dan mencoba memecahkan masalah itu. Hingga tengah malam mereka berempat tetap mencari keberadaan Resti. Dalam pencarian itu mereka bertemu dengan dua orang penjahat yang menangkap Resti, dan mereka akhirnya juga ditangkap.

Setelah ditangkap oleh penjahat dan diikat di pohon, Resti yang baru bangun dari tidurnya menyadari bahwa sahabatnya juga ditangkap dan diikat di pohon yang dekat dengan tempat tidurnya tadi. 

Sementara orang tua mereka khawatir. Resti dengan balon permohonan yang ia bawa dapat menjadi petunjuk untuk orang yang mengetahui artinya. Akhirnya ia meniup balon tersebut dan menerbangkannya ke udara dengan harapan agar segera dapat ditemukan. 

Lewat balon permohonan, Resti dan orang tuanya yang mengerti akan hal itu membuat mereka berlima berhasil ditemukan. Orang tua Resti memang sering menggunakan balon permohonan sehingga ia tahu harus berbuat apa. Keberadaan dua orang penjahat itu pun akhirnya juga ditangkap. 


Kelebihan Film 1000 Balon yang Cocok Ditonton Anak-anak

Film 1000 Balon menyajikan aspek humor hingga yang menegangkan sehingga dapat membuat penonton menjadi tertarik untuk melihatnya sampai akhir. Film yang dibuat oleh anak-anak sendiri ini mengajarkan sedari kecil bahwa di dalam persahabatan tidak boleh ada sikap egois dan harus saling membantu satu sama lain.

Secara keseluruhan, cerita dalam film ini sangat bagus. Memang film 1000 Balon diperuntukkan bagi anak-anak, tetapi tidak dapat dipungkiri jika orang dewasa juga suka menonton film ini. Film 1000 Balon ini pun akhirnya dapat meraih penghargaan Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai film layar lebar pertama di Indonesia yang dibuat oleh anak-anak.


Penulis: Ayu Puspita Sari

Editor: Nuzurul Rochmah


Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman anda! Learn More
Accept !