Lagi, Insiden Bendera Indonesia Terbalik di Ajang Pembukaan SEA Games!

0

 

Sumber gambar: Tangkapan Layar Youtube.com/Press OCM


Upacara pembukaan SEA Games 2023 di Morodok Techo National Stadium, Phnom Phen, Kamboja berlangsung meriah pada Jumat, 5 Mei 2023 diwarnai dengan pembukaan acara yang megah dan fantastis. Namun, ada satu hal yang menggelitik di tengah upacara pembukaan, saat salah satu penyanyi lokal Kamboja tampil dengan diiringi para penari yang masing-masing membawa 11 bendera negara peserta SEA Games 2023. 

Momen bendera Indonesia terbalik kembali terjadi untuk kali kedua setelah kasus serupa terjadi pada SEA Games XXIX/2017 di Kuala Lumpur, Malaysia pada buku panduan SEA Games 2017. Insiden terbaliknya bendera Indonesia di SEA Games 2023 ini terjadi pada saat pre-show opening ceremony SEA Games 2023. Sontak, hal ini menimbulkan kemarahan warganet.

Warganet sangat menyayangkan peristiwa terbaliknya bendera Indonesia ini. Pasalnya, hal ini terjadi pada acara sebesar SEA Games. Dalam keadaan terbalik, bendera tersebut malah menjadi bendera negara Polandia. 

Menteri Pemuda dan Olahraga Kamboja, Hang Chuon Naron segera menyampaikan permohonan maafnya pada Sabtu, 6 Mei 2023 atas insiden tidak mengenakkan yang terjadi. Menpora RI, Dito Ariotedjo pun membenarkan bahwa Menpora Kamboja sudah meminta maaf dan mengklarifikasi hal tersebut.

Dito mengungkapkan, pihak kamboja menyesal atas kejadian yang terjadi dan meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia. Terlepas dari insiden yang terjadi, Menteri Kamboja berharap Indonesia dapat sukses di ajang SEA Games 2023.


Penulis: Intan Handita K

Editor: Nuzurul Rochmah


Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman anda! Learn More
Accept !