Miris! Tumpukan Sampah Penuhi Jalan Sekitar UIN Surabaya Kampus 2

0

Potret sampah yang menumpuk di kedua sisi jalan menuju Kampus 2 UINSA. (Dok. LPM Qimah)

 

Tumpukan sampah terlihat berserakan di kedua sisi jalan menuju jalur masuk UIN Sunan Ampel Surabaya. Diketahui kondisi ini telah lama tidak terurus, bahkan hingga artikel ini ditulis, Rabu, 24/5/2023.

Persoalan terkait sampah di wilayah Surabaya dan Sidoarjo masih menjadi sorotan hingga saat ini. Permasalahan ini pun tidak terlepas dari kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan, serta pemahaman terhadap pengelolaan limbah sampah di wilayah tersebut. 

Adapun salah satu lokasi yang ikut terdampak terkait isu sampah, yakni di Kecamatan Gunung Anyar, Surabaya, tepatnya di sekitar wilayah kampus 2 UIN Sunan Ampel Surabaya. Di mana lokasi tersebut juga berbatasan langsung dengan Kecamatan Waru, Sidoarjo.

Banyaknya pengguna jalan di daerah tersebut tidak sebanding dengan banyaknya tempat pembuangan sampah yang disediakan. Hal itu juga yang menyebabkan volume sampah kian hari makin meningkat dan akhirnya menumpuk di sekitaran jalan tersebut. 

Tidak hanya itu, perhatian dari pemerintah setempat juga terlihat begitu kurang. Terbukti sampah ini telah berserakan dengan sedemikian lamanya, namun tak kunjung mendapat penanganan serius.

Salah satu pedagang bernama Kuntoro yang berjualan di daerah tersebut mengungkapkan bahwa sampah-sampah tersebut bukan berasal dari warga Surabaya apalagi pedagang-pedagang yang berjualan. 

“Kami (pedagang-pedagang) biasanya selalu membawa sampah kami pulang, jadi kami tidak membuang di sini,” paparnya pada Senin (22/5). 

“Tidak hanya sekali. Tadi saya juga melihat pengendara sepeda motor yang lewat dan langsung membuang sampah di sini, sudah saya teriaki, tapi tidak didengarkan,” tambah Kuntoro. Menurut pedagang tersebut, sampah-sampah yang berserakan di sekitar kampus 2 UIN Sunan Ampel justru berasal dari warga Sidoarjo.

 

Penulis: Ach Nobair, Aisyah Restu 

Editor: Nuzurul Rochmah

 

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman anda! Learn More
Accept !