Resensi Film: Parasite (2019)

0

 

Sumber gambar: Thefilmstage.com

Identitas Film

Judul Film       : Parasite

Tahun               : 2019

Genre                : Komedi, Drama, Thriller

Sutradara         : Bong Joon-Ho

Pemeran          : Song Kang-Ho, Lee Sun-Kyun, Cho Yeo-Jeong, Choi Woo-Sik, Park So-Dam

Parasite adalah salah satu film terbaik yang tercatat dalam industri film Korea Selatan. Film ini bahkan menjadi film pertama asal Korea Selatan yang berhasil meraih penghargaan Palme d’Or pada Festival Film Cannes ke-72. Kemudian film ini menjadi sangat terkenal berkat penghargaan tersebut.

Selain itu, Parasite juga berhasil memenangkan penghargaan dalam Festival Film Sydney 2019 untuk kategori Film Terbaik. Bong Joon-Ho, sutradara Parasite pun juga berhasil menyabet penghargaan dari International Cinephile Society di tahun yang sama untuk kategori Sutradara Terbaik.

Sinopsis Parasite

Film ini bercerita tentang dua keluarga, miskin dan kaya yang kemudian bertemu dalam takdir yang tidak terduga. Kim Ki Taek yang diperankan oleh Song Kang Ho merupakan seorang kepala keluarga dengan penghasilan yang sangat minim. Ia bersama keluarganya tinggal di apartemen kumuh di kota bercita-cita untuk mendapat penghasilan yang tinggi dan menjadi kaya.

Suatu hari, Ki Taek mendapatkan tawaran pekerjaan di rumah keluarga Park (Lee Sun Kyun) yang kaya raya untuk menjadi guru les privat bagi putrinya. Perlahan-lahan, Kim Ki Taek beserta keluarganya berusaha masuk ke dalam kehidupan Keluarga Park. Namun, akhirnya hubungan keluarga tersebut tidak berjalan lancar dan berakhir dengan konflik tragis.

Kelebihan Parasite yang Layak untuk Ditonton

Film ini dapat memadukan unsur komedi dan thriller dengan sangat baik sehingga para penonton pun dapat terus terbawa oleh suasananya hingga film berakhir. Film ini juga mengandung kritik sosial yang sangat tajam.

Film ini menggambarkan ketidakadilan sosial yang terjadi di kalangan masyarakat saat ini, dimana hal ini tidak hanya terjadi di Korea Selatan namun juga hampir di seluruh penjuru dunia. Sang penulis naskah sekaligus sutradara, Bong Joon Ho mampu menggambarkan hal-hal tersebut dengan sangat akurat.

Secara keseluruhan, film ini sangat bagus dan layak untuk ditonton dan diberi apresiasi. Film ini berhasil menghibur penonton dengan kisahnya yang menarik, serta pesan tentang ketidakadilan sosial yang terjadi di masyarakat. Film ini membuktikan bahwa industri film Korea Selatan mampu bersaing dengan industri film Hollywood.

 

Penulis: Aprilia Maharani

Editor: Intan Handita K

 

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman anda! Learn More
Accept !