UINSA Jadi Tuan Rumah Penyelenggaraan AICIS 2023

0

Prof. Dr. Siti Ruhaini Dzuhayatin, salah satu pembicara dalam AICIS 2023. (Dok. LPM Qimah/Wanda K)
 

Terpilih menjadi tuan rumah dalam ajang Konferensi Studi Islam Internasional membuat UIN Sunan Ampel Surabaya berusaha memberi kesan yang terbaik bagi para peserta konferensi. Para mahasiswa UINSA sendiri pun diberi arahan untuk mengikuti ajang konferensi ini, baik bergabung secara langsung maupun menyimak secara virtual. Oleh karena itu, para mahasiswa pascasarjana maupun sarjana juga turut meramaikan acara ini.

Rabu (3/5), merupakan hari kedua dalam pelaksanaan AICIS (Annual International Conference of Islamic Student) 2023 yang digelar di Sport Center UINSA Kampus 1. Pelaksanaan hari kedua dimulai pukul 08.00 WIB dengan mengangkat topik terkait problematika dan praktik keagamaan tanpa melibatkan diskriminasi yang menggunakan metode sharing session. Acara kemudian berlanjut pada pukul 09.10 WIB, yakni Plenary Session 1 yang di moderatori langsung oleh Bapak Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya, Prof. Akh. Muzakki, M.Ag., Grad.Dip SEA, M.Phil, Ph.D

Pembicara dalam Plenary Session 1 tentu tak kalah menarik, antara lain Prof. Dr. Siti Ruhaini Dzuhayatin (Guru Besar UIN Sunan Kalijaga), Prof. Abdullah Ahmed An Na'im (Peneliti Senior Emory University), dan KH. DR (HC). Yahya Cholil Staquf selaku ketua PBNU dengan topik pembahasan terkait hukum syariah dan fikih di negara modern. Pembicaraan dalam forum tersebut berlangsung dalam bahasa Inggris. Usai Plenary Session 1 selesai, banyak dari para peserta yang berfoto bersama dengan ketua PBNU atau yang lebih dikenal dengan sapaan Gus Yahya. 

Berlanjut pada Plenary Session 2 pada pukul 11.00 WIB, acara juga berlangsung meriah dengan para pembicara yang diisi oleh guru besar Al Azhar, Prof. Dr. Usamah Al-Sayyid Al-Azhari, juga Muhammad Al Marakiby, Ph.D (Peneliti Fatwa Al-Azhar), Dr. Imam Nahe'i M.Hi (Ulama Ma’had Aly Situbondo), dan Prof. Dr. Rahimin Affandi bin Abdul Rahim (Associate Professor Universitas Malaya). Plenary Session 2 membahas peran fikih dalam upaya menjaga kerukunan umat beragama dengan pembicaraan yang berlangsung dalam bahasa Arab. Hingga akhir, pelaksanaan AICIS 2023 hari kedua ini pun dapat berjalan dengan damai dan lancar.


Penulis: Wanda Khumayroh

Editor: Nuzurul Rochmah

 

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman anda! Learn More
Accept !