[Resensi Buku] Selamat Tinggal karya Tere Liye

0

 

(Sumber gambar: Gramedia.com)

Identitas Buku

Judul                       : Selamat Tinggal

Pengarang             : Tere Liye

Penerbit                 : Gramedia Pustaka

Tahun Terbit         : 2020

Jumlah Halaman : 360 halaman

Harga Buku           : Rp85.000


Sinopsis

Novel Selamat Tinggal mengisahkan tentang kehidupan seorang pemuda bernama Sintong Tinggal. Ia merupakan anak rantau dan seorang mahasiswa Fakultas Sastra di salah satu Universitas di Jakarta. Dia mendapat julukan mahasiswa abadi karena baru lulus di tahun ke-6 kuliahnya dengan skripsinya mengenai Sutan Pane. 

Selama di Jakarta, Sintong bekerja paruh waktu di toko buku milik pamannya. Toko buku tersebut bernama, Toko Buku Berkah. Namun, toko buku ini menjual buku-buku bajakan. Sintong sebenarnya keberatan, tetapi karena ekonomi yang sulit dia harus tetap bekerja di toko buku itu. 

Sintong punya kisah cinta yang rumit. Dia dikelilingi oleh dua gadis. Novel ini pada dasarnya bercerita tentang kisah Sintong hingga dapat meraih kesuksesan. Sintong pun akhirnya dapat menjadi seorang penulis dan melanjutkan kuliahnya di Belanda.  


Kelebihan

Seperti novel-novel Tere Liye lainnya, gaya bahasa yang digunakan selalu sederhana dan mudah dimengerti. Tidak berbelit-belit, tetapi bisa membuat para pembaca ingin membaca terus menerus.

Selain itu, novel ini mengandung pesan moral yang sangat penting, yaitu agar pembaca bisa menghargai karya para penulis dengan membeli buku asli, alih-alih membeli buku bajakan yang banyak beredar. Penulis pun mengajak para pembaca agar dapat mengakhiri ketergantungan dalam menggunakan barang bajakan.


Kekurangan

Pemeran utama yang dibuat seolah tidak bisa move on dari cinta pertamanya sehingga dapat membuat para pembaca menjadi kesal. Selain itu, awal cerita terkesan membosankan dan baru bisa menemukan keseruannya di pertengahan cerita.


Secara keseluruhan, novel ini sangat layak dan recommended untuk dibaca. Di dalam novel ini tidak hanya berisi kritik penulis terhadap banyaknya usaha bajakan yang berkembang di masyarakat, tetapi juga bercerita tentang kisah cinta, keluarga, perjuangan, dan biografi pahlawan terdahulu.


Penulis: Dita Rahma Nur Cahyani

Editor: Nuzurul Rochmah

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman anda! Learn More
Accept !