Mengenal Lebih Dekat Tokoh Inspiratif Najwa Shihab di Media Publik

0

 

(Sumber gambar: Instagram.com/@najwashihab)
 

Najwa Shihab merupakan salah satu tokoh perempuan yang berpengaruh di Indonesia saat ini, terutama dalam bidang politik. Wanita yang akrab disapa Mbak Nana ini lahir di Makassar, Sulawesi Selatan pada 16 September 1977. 

Ia merintis karir sebagai wartawan magang di RCTI ketika masih menjadi mahasiswa di Universitas Indonesia. Pada tahun 2000, tepat setelah lulus kuliah ia pun memilih bergabung dengan Metro TV karena minatnya pada jurnalistik. Meskipun Najwa Shihab lulusan Sarjana Hukum, ia lebih memilih terjun di dunia jurnalistik. 

Di tahun 2008, Najwa Shihab mendapat beasiswa magister dari pemerintah Australia dan lembaga pendidikan yang dipilih, yaitu Melbourne Law School. Ketika menempuh pendidikan magister di Melbourne Law School, Najwa Shihab mengambil jurusan hukum media.

Peningkatan karir Najwa Shihab terus berjalan dari menjadi seorang reporter yang harus turun langsung ke lapangan untuk melakukan liputan hingga saat ini ia menjadi pembawa acara yang diberi nama “Mata Najwa”. Acara ini bisa disebut sebagai acara reguler yang dimiliki oleh Najwa Shihab. 

Terdapat beragam tokoh yang diundang dalam acara tersebut dengan memperbincangkan isu-isu yang sedang hangat terjadi. Tokoh yang diundang pun datang dari kalangan aktivis, artis, pelawak, musisi, olahragawan, dan juga lebih sering mengundang tokoh-tokoh politik yang berpengaruh. Dalam acara Mata Najwa, Najwa Shihab memiliki pembawaan yang khas dengan sindiran yang menggelitik hingga mampu membuat acara ini sukses menarik perhatian masyarakat. 

Seolah tidak cukup, Najwa Shihab juga merupakan sosok perempuan cerdas dan inspiratif. Najwa Shihab terkenal dengan sebutan perempuan yang berani menyampaikan pendapatnya dengan pemikirannya yang kritis. Bahkan ia juga sering mengisi acara-acara untuk memberi motivasi kepada anak-anak muda jaman sekarang terkait peran generasi milenial saat ini.

Kecintaannya terhadap buku dan literasi tentu sudah tidak perlu diragukan lagi, karena ia memiliki hobi membaca buku sejak dini. Ayahnya pun seorang alim ulama atau salah satu tokoh agama yang tentu menjunjung tinggi keutamaan ilmu. Najwa Shihab ditunjuk oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia untuk menjadi Duta Baca Indonesia dari tahun 2016-2020 dengan tujuan mengembangkan minat baca di Indonesia.

Setiap karir yang ditekuni dengan sungguh-sungguh akan menghasilkan sebuah keberhasilan, walaupun tidak sesuai dengan jurusan yang ditempuh. Seperti halnya, Najwa Shihab yang dengan sungguh-sungguh merintis karirnya dalam bidang jurnalistik, berhasil meraih banyak penghargaan walaupun ia lulusan Hukum. Dengan demikian, terdapat pepatah usaha yang dilakukan dengan sungguh-sungguh tidak akan menghianati hasil.


Penulis: Qoni’Atul Awaliah

Editor: Nuzurul Rochmah

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman anda! Learn More
Accept !