Semangka: Simbol Dukungan Kemerdekaan Palestina

0


 
Sumber: edoostory.id


         Belakangan ini banyak beredar simbol semangka di seluruh sosial media, baik itu berupa postingan, story ataupun sekedar emoji di kolom komentar. Para pengguna media sosial menggunakan simbol semangka dengan alasan sebagai bentuk upaya mereka dalam membela dan mendukung kemerdekaan  Palestina yang hingga saat ini sedang dalam belenggu penjajahan Israel. Lalu apakah sebenarnya arti dari simbol semangka bagi kemerdekaan Palestina? Apakah ada cerita bersejarah dibalik simbol semangka ini?

Pada awalnya, netizen kebingungan bagaimana bisa sebuah semangka berhubungan dengan dukungan kemerdekaan Palestina? Akan tetapi setelah diteliti lebih lanjut, ternyata buah semangka  berkaitan erat dengan Palestina. Berikut beberapa alasan mengapa simbol semangka berhubungan dengan Palestina:

Pertama, sepotong buah semangka terdiri dari 3 warna yang sama dengan warna bendera Palestina, yaitu merah di bagian daging buahnya, warna hitam di bagian bijinya, putih di bagian kulit dalamnya dan hijau di bagian kulit luarnya.

Kedua, semangka adalah buah yang tumbuh subur di Palestina terutama di daerah Gaza. Buah ini merupakan salah satu buah yang banyak digemari masyarakat Palestina.

Ketiga, simbol tersebut bertujuan untuk menghindari shadow banned di media sosial. Seperti yang kita ketahui bahwa sosial media seperti instagram dan facebook memiliki keterkaitan dengan pihak Israel. Siapapun yang mengunggah postingan berupa dukungan terhadap kemerdekaan Palestina beresiko akan di banned. Oleh karena itu untuk mengurangi resiko tersebut, penggunaan simbol semangka dianggap sebagai alternatif paling tepat menyamarkan dukungan terhadap Palestina.

Sumber gambar: instagram.com/myqueen.bouquet


Sumber gambar: instagram.com/ivangordonray

Awal mula simbol buah semangka tersebut diungkap di laman The National, bahwa yang pertama kali memperkenalkan gambar buah semangka sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina adalah seorang seniman berkebangsaan Palestina bernama Khaled Hourani pada tahun 2007. Beliau melukis gambar sepotong semangka untuk proyek Subjective Atlas of Palestine. Karyanya kemudian menjadi  populer di dunia seniman. Selain itu beliau juga mengadakan lokakarya yang berpusat di sekolah-sekolah yang berada di Ramallah. Sejak itulah, gambar sepotong buah semangka karya Hourani menjadi simbol bentuk perjuangan dan dukungan terhadap kemerdekaan Palestina.

Hal ini menunjukkan bahwa kita sebagai umat manusia yang menjunjung tinggi perikemanusiaan wajib memberikan partisipasi terhadap bangsa-bangsa yang sedang terjajah. Kita harus berupaya melakukan apapun yang kita bisa untuk mendukung hak kemerdekaan setiap bangsa. Memberikan dukungan terhadap Palestin tidak harus menunggu seseorang menjadi seorang Muslim, cukuplah baginya menjadi seorang manusia untuk membantu sesama, salah satunya memberikan dukungan terhdapa Palestina. Terlebih kita, bangsa Indonesia yang dalam pembukaan UUD nya telah termaktub "Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan, karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan". Palestine will be free!

Penulis : Daffa

Editor : Intan Handita K

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman anda! Learn More
Accept !