Keputusan Kelas Daring pada Awal Semester, Efektif atau Tidak?

0

 

Sumber gambar: Unsplash/Chris Montgomery


Pada tanggal 22 Januari 2024 Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan UINSA yakni Bapak Ali Mudlofir, melalui edaran nota dinas, mengumumkan bahwa perkuliahan mulai tanggal 5 - 16 Februari 2024 dilaksanakan secara daring. Informasi penyelenggaraan kelas daring ini, selaras dengan Kalender Akademik UIN Sunan Ampel Surabaya dan pelaksanaan Pemilihan Umum, 14 Februari 2024. Namun, apakah kelas daring selama sepekan lebih ini dapat menjamin keefektifan proses belajar mengajar? 

Berbicara mengenai efektif atau tidaknya belajar daring berdasarkan pengalaman beberapa mahasiswa, kuliah daring terbukti sangat tidak efektif sebagai cara penyampaian pelajaran. Ketidakefektifan sistem daring ini terjadi di beberapa mata kuliah.

Beberapa mata kuliah yang dilaksanakan secara daring diketahui kerap dihentikan. Sementara tugas presentasi dari mahasiswa cukup dikumpulkan dalam Google Classroom tanpa ada pertemuan, baik online maupun offline, kemudian mahasiswa lainnya diminta membaca unggahan materi dari mahasiswa yang bertugas dan memberikan komentar. 

Ditambah beberapa kali dosen pengampu memberikan jadwal yang kurang konsisten. Hal ini terbukti dengan pembatalan kelas secara tiba-tiba dan diganti dengan pemberian tugas online kepada mahasiswa untuk dikerjakan hingga waktu tertentu. Kondisi tersebut membuat banyak mahasiswa tidak paham tentang materi yang ditugaskan oleh dosen. Oleh karena itu, mahasiswa sangat membutuhkan bimbingan dan pemaparan materi lebih intensif

Perkuliahan yang tidak efektif berpotensi menjadikan mahasiswa tidak disiplin dan malas. Jika dilihat dari kegagalan mengondisikan beberapa mata kuliah di atas, dapat disimpulkan bahwa kelas daring adalah hal yang tidak efektif untuk menyampaikan materi kuliah. Apalagi kelas daring ini diadakan pada awal semester, yang seharusnya menjadi kesempatan mahasiswa mendapatkan pengenalan mata kuliah dengan cara lebih tepat.

Oleh karena itu, diharapkan keputusan kelas daring ini dapat dipertimbangkan lagi dengan mengupayakan suatu proses belajar mengajar yang efektif antara dosen dan mahasiswa. Supaya mahasiswa yang berkuliah di UIN Sunan Ampel Surabaya dapat merasakan kegiatan belajar mengajar lebih kondusif, efektif, dan materi yang tersampaikan dengan baik. Semoga perkuliahan kita semester ini menjadi perkuliahan yang penuh berkah atas izin Allah subḥānahu wataʿālā.


Penulis: Restu Dimas Prasetya

Editor : Intan


Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman anda! Learn More
Accept !